Rabu, 03 Desember 2008

Konsep Dasar Belajar Bahasa Arab Al Quran Di Smart-Q

Bismillahirrahmaanirrahim,
Konsep yang menjadi dasar pembelajaran Bahasa Arab di Smart-Q yang pertama adalah "Mengidentifikasi jumlah kata (lafadz) yang membentuk suatu kalimat (disebut Jumlah)". Sebagai contoh adalah kalimat berikut: AL MUSLIMUUNA YUSHOLLUUNA FI MASAAJIDIHIM ; yang berarti: "Orang orang muslim itu mendirikan sholat di Masjid masjid mereka". Untuk bisa menterjemahkan kalimat di atas, maka hendaknya pembaca harus mengenal terlebih dahulu jumlah kata/ lafadz yang terdapat di kalimat / jumlah tersebut. Ada lima (5) kata/lafadz dalam kalimat tersebut, yaitu: AL MUSLIMUUNA , YUSHOLLUUNA , FI, MASAAJIDI, dan HIM. Adapun konsep dasar yang kedua adalah "Mengenal struktur suatu kata yang terdapat dalam kalimat tersebut". Suatu kata/ lafadz dalam Al Quran, terdiri dari dua bentuk lafadz, yaitu lafadz mandiri dan lafadz bentukan. Dalam contoh kalimat di atas, yang termasuk lafadz mandiri hanyalah FI; berarti "pada, di dalam" dan HIM; berarti "Mereka; Kata ganti orang ketiga laki laki yang banyak" . Sedangkan lafadz ALMUSLIMUUNA ,YUSHOLLUUNA , dan MASAAJIDI adalah lafadz bentukan yang struktur lafadznya terdiri dari awalan, kata asal dan akhiran. Dengan diketahuinya "kata asal"nya, maka pembaca dapat menetapkan artinya berdasarkan pengetahuan arti dari kata asalnya, yaitu SALIMA, SHOLLA dan SAJADA.
Namun, sebelumnya ada dua hal yang harus dikuasai oleh setiap pembaca, yaitu: Penguasaan terhadap huruf huruf hijaiyyah dan kedua pemahaman terhadap istilah lafadz itu sendiri. lafadz dalam bahasa Arab adalah "HURUF BERHAROKAT YANG BERMAKNA, BAIK BERMAKNA KARENA SENDIRIAN, BERDUA ATAU BERGABUNGNYA BEBERAPA HURUF BERHAROKAT". PENGGABUNGAN HURUF TERSEBUT, BISA BERUPA PENGGABUNGAN DUA HURUF MANDIRI SEPERTI ALIF BERFATHAH DENGAN LAM DISUKUN PADA KATA AL MUSLIMU, FA BERKASROH DAN YA DISUKUN PADA KATA FIE; ATAU BISA JUGA BERGABUNGNYA HURUF HURUF TERTENTU DENGAN LAFADZ ASAL SEPERTI PADA KATA AL + MU+ SALIMU = AL MUSLIMU. Dimana kebanyakan lafadz asalnya terdiri dari tiga huruf.
Dengan belajar di Smart-Q , pembaca yang masih awam terhadap tulisan arab - sebagai dasar penulisan al Qur'an, dilatih untuk bisa mengidentifikasi lafadz lafadz tersebut dengan cara yang praktis. Kata 'Praktis' dimaksudkan sebagai penjelas, bahwa dalam methode ini, pembaca tidak dilatih dengan menggunakan methode konvensional pembelajaran bahasa arab yang lebih mengedepankan hapalan. Akan tetapi, pembaca akan dilatih kemampuannya dalam mengidentifikasi lafadz melalui proses pewarnaan huruf lafadznya. Sehingga, dengan diketahuinya simbol warna yang melekat pada suatu huruf yang ada pada lafadz, seseorang sudah bisa memprediksikan arti yang ada dalam lafadz tersebut.
Anda tertarik, segera daftarkan diri anda melalui koordinator pelatihan yang ada.

Selamat bergabung!.
Walhamdulillahirabbil 'Aalamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar